heloo

❤ l.a.b.e.l ❤

followers :*

chat yuu?

Diberdayakan oleh Blogger.
Faded Red Hand Blue Bow Heart

★Quien cocina aquí:

Foto Saya
no body know who i really am

\(´▽`)/

Selasa, 09 Oktober 2012

kerupuk kembang goyang

haduh lapar. . .
ok lapar-lapar gini enaknyo nyari cemilan . . one of the best cemilan in the world is kerupuk kembang goyaaaaaaaaang ! *ceileeeh sok bule* kenapa ? apakah kerupuk itu bisa bergoyang..oo tidak bisa. ini karena kerupuk ini dibuatnya sambil bergoyang, eh ga juga sih. pokoknya ada part dimana kerupuknya di goyang-goyang gitu deh.
dimana kita tau kerupuk kembang goyang adalah salah satu panganan tradisional indonesia yang perlu dipatenkan, ya tentu saja sebelum diambil oleh negara lain. *ini ngomongin apa sih*. Ya udah, intinya gini, kerupuk kembang goyang adalah kerupuk fav aku :D rasanya sih enak dan unik dan garing dan dan dan krenyes krenyes. Dulu sih masih enak banyak yang jualan kerupuk ini, lah sekarang? jarang . langka. oooh meeeeen.... kita sebagai aset negara tentu saja harus bisa melestarikan kerupuk kembang goyang yang super duper cantik ini. MERDEKA !

owow !

wuaw !




ngemeng-ngemeng soal kerupuk kembang goyang kalo ga tau resepnya gimana bisa bikin ya, wets...donbeworii ..
ini resepnya :)


Kembang Goyang

Bahan:
250 g tepung beras
350 ml santan
2 butir telur
4 sdm gula pasir
½ sdt garam halus
Minyak untuk menggoreng
 
Cara Membuat:
1. Campur tepung beras, gula pasir dan garam. aduk rata.
2. Tuang telur santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk hingga tercmpur rata. Saring.
3. Panaskan cetakan kembang goyang. Celupkan ke dalam adonan. Goreng sambil sesekali cetakan digoyang-goyang agar kue terlepas dari cetakan hingga matang, kering dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan.
4. Simpan kue di dalam stoples kedap udara.
Untuk 350 g


eits...ada lagi noh...tips nya.

tips:

  1. Kembang goyang lengket dicetakan. Penyebabnya, karena adonan terlalu cair/kurang tepung, cetakan belum cukup panas ketika dicelupkan ke adonan atau minyak untuk menggoreng kurang panas.
  2. Kue kurang renyah. Penyebabnya, tepung yang digunakan tepung lama.
  3. Kue gosong. Penyebabnya, terlalu banyak penggunaan gula atau api terlalu besar.
  4. Warna kue pucat. Penyebabnya, kurang penggunaan gula atau waktu menggoreng yang kurang lama.
  5.  Kue terlalu berminyak. Penyebabnya, minyak penggorengan kurang panas dan saat meniriskan kue ditumpuk.
  6.  Pastikan cetakan dalam keadaan panas ketika dicelupkan ke alam adonan. Cetakan dingin menyebabkan adona tidak menempel di cetakan.
  7.  Agar kue matang dan kering merata, goreng kembang goyang di dalam minyak yang banyak. 
  8. Celupkan cetakan ke dalam adonan tepung hanya pada bagian bawah dan sisi samping saja, jangan sampai tercelup semua. Bila cetakan bagian atas sampai tercelup adonan, maka kembang goyang akan sulit lepas dari cetakan.
gimana ? iya sih bikinnya jua gak gampang tapi gak sulit jua kan tapi kalo belum dicoba mana tau kan..oya..ini lucu juga nih . cetakan kerupuk kembang goyangnya... kiyut abes .. liat deh liat deh . .

kiyutttttt !




mau .. MAU.... mau banget cetakan itu. aaaaaaaaaaak... mari berburu cetakan kembang goyang cantik !

okedeh sekian dulu ya tentang kerupuk kembang goyangnya... i'll see ya next post.
semoga bermanfaat. :)

xoxo,

momoichy










0 komentar:

Poskan Komentar

 
 

Diseñado por: Compartidísimo
Scrapping elementos: Deliciouscraps©